Kebun Raya Cibodas

Long weekend has come.. and yes I need fresh air to refresh this mind and heart :(.
Kebetulan ada teman saya yang lagi berkunjung ke ibu kota ngajakin maen ke daerah sekitar jakarta yang ga butuh banyak waktu tapi indah dilihat. So mulailah kita browsing dan muncul lah ide kebon Raya Cibodas (dengan mengabaikan kemacetan yang akan kita hadapi disana*positive thinking)

Pagi pagi benar jam 7 kira kiranya kita udah sampai di Stasiun Sudirman dan segera menuju ke peron KRL jurusan Depok/Bogor. Kereta cukup sepi di pagi itu sehingga kami dapat leluasa milih tempat duduk dimana saja.  Sampai di Stasiun Bogor kami naik angkot nomor 03 jurusan Bubulak -Baranang Siang dan bilang ke abangnya turun di gerbang tol Ciawi (ini hasil baca2 blog orang), tapi sebenernya kita bisa turun di terminal Baranang Siang, dan tepat di sebelah terminal tersebut sudah ada colt colt putih yang siap membawa kita ke Cibodas, namun kalo kita turun di gerbang tol Ciawi bakalan lebih banyak lagi antrian colt colt putih.

Karena kita berangkat pagi, jadi jalanan ga begitu macet dan inih si abang drivernya tahu aja jalan2 tikus buat ngindarin macet. So setelah kira kira 2 jam perjalanan dengan tarif 30,000 IDR kita minta diturunin di pertigaan cibodas. Turun dari pertigaan kita naik angkot kuning sekitar 4 km ke arah atas dengan (3,000 IDR) dan bisa langsung turun di depan pintu gerbang Kebon Raya Cibodas.

Yang saya agak heran... setelah melewati daerah puncak banyak banget bertebaran restoran, tempat potong rambut, Bengkel, Travel Agent dengan menggunakan bahasa arab. Tak jarang juga saya melihat orang-orang arab yang hilir mudik kesana kemari. Dan kemudian saya bertanya tanya apa yang membuat mereka tertarik mendirikan bisnis di daerah sekitar puncak? *hmmm mungkin di negaranya panas kali ya? makanya di Indonesia mereka memilih tempat yang dingin2.

Kebon Raya Cibodas terletak di kaki gunung Gede-Pangrango dengan total luas 84,99 hektar dan dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Tiket masuknya cukup dengan 9,500 IDR @orang. Di dalam kebon raya Cibodas telah disediakan bus keliling biar ga cape dengan ongkos 6,000 IDR sekali naik. Sedikit saran dari teman saya yang cukup oke buat diterapkan, mending kita naik bus keliling dulu  biar bisa liat sekeliling kebun, jadi kita tahu tempat2 menarik yang perlu dilihat lebih dekat lagi. Metode briefly sight seeing ini sangat tepat digunakan untuk menghemat waktu dan tenaga :P.

Di dalam kebun raya bogor kamu dapat menjumpai taman Sakura, yap bener ini pohon sakura asli lho kayak yang tumbuh di Jepang. Pohon ini bisa berbunga 2 kali dalam setahun (Jan-Feb) & (Jul-Aug). Sayang waktu saya kesana lagi ngga berbunga,tapi tetap tak mengurangi keindahannya kok karena disepanjang taman itu dibangun air terjun buatan bertingkat yang airnya berasal dari air terjun asli yang terletak disisi kirinya. Selain Taman Sakura, kamu juga akan menjumpai Taman Lumut dan taman obat yang penuh dengan tanaman obat2an herbal. Kebun Raya Cibodas juga mempunyai koleksi bunga bangkai (Raflesia Arnoldi) yang saat saya kesana lagi ga berbunga :(. Overall tempat ini tempat yang recommended buat segala kalangan untuk ngabisin waktu atau sarana belajar bersama bagi keluarga, teman2 atau cocok juga buat jomblo yang lagi butuh hiburan.

Bukit Telletubis katanya

Masih di bukit yang sama
Air terjun buatan di sekitar taman sakura
Jalan Setapak


View Dari Atas

Hutan di pinggir jalan setapak
Rute pulang ke dari Cibodas ke Bogor sebenernya bisa reverse rute perjalanan berangkat tadi, namun tahu sendirilah ya daerah puncak pasti kalo long weekend macetnya luar biasa dan diberlakukan jalur buka tutup. Oleh karena kita orangnya ga sabaran lalu kita memutuskan turun dari angkot dan jalan kaki (kebetulan suasananya cukup menyenangkan buat jalan dan masih sore) sambil nunggu jalur turun di buka kembali. Setelah jalur dibuka kita lanjutkan perjalanan pulang dengan ngeteng naik turun angkot lagi. Sepanjang pengamatan kami sore itu sebenarnya jalur pulang dari Cibodas ke Bogor bisa menggunakan beberapa alternatif kendaraan umum seperti :
- Naik Colt Putih turun di Pintu gerbang tol Ciawi/Baranang Siang (IDR 30,000) lanjut naik angkot ke Bogor
- Naik Mini Bus Marita ke Ciawi (IDR 10,000) lanjut naik angkot ke jurusan Bogor 
- Naik Angkot ketengan bisa 4-5 kali naik turun angkot (IDR 3,000/ angkot) tempat2 berhentinya bisa langsung nanya ke abang2 angkotnya, pasti dengan senang hati mereka akan menjawab.

-Sekian oleh2 dari Kebon Raya Cibodas-


CONVERSATION

6 komentar:

dian said...

hai.. baca postingan ke cibodas ini kayanya gampang banget ya menuju ke sana pakai angkutan umum. kasih tau dong estimasi perjalanan dr bogor ke baranang siang lalu dr baranang siang ke cibodasnya kira2 brp jam sampenya. makasih banyak.. :)

Tikachu said...

Hi Dian.. thank you sudah mampir baca, estimasi dari Bogor ke Baranangsiang cuma 30 menit, kalo dari Baranangsiang ke Cibodas nih tergantung macet ato engganya kalo ngga macet bisa ditempuh dengan waktu 60 menitan

Unknown said...

Q msh gx ngerty dgn prjlnan cibdas ke bgor.. pa msh ada angkutan d mlam n sre hri???

Tikachu said...

Hi halo.. yang belum ngerti di bagian mananya ya? Kalo angkot dan colt putih sih sepertinya bisa 24 jam, tapi mungkin bisa dipertimbangkan juga jam buka tutup jalan di puncak, apalagi kalau weekend.

Obat kuat emperor huang saint said...

kondom sambung jumbo

vagina senter getar jalan ke bogor banyak keindahan alam yang masih segar dan sejuk udaranya buktikan

ineslestari said...

Terima kasih atas informasinya,,, bermanfaat banget ka

Back
to top