Nge-Garden di Singapore

Weekend ini iseng2 saya mengunjungi Negara tetangga untuk menjawab rasa penasaran saya sama yang namanya Botanic garden.. honestlty setelah saya baca2 web ini saya jadi penasaran seperti apa sebenarnya tempatnya.. Kebetulan kali ini ada teman saya yg mau nemani blusukan ga jelas di SG, jadilah kita berdua dengan semangat 45 rela bangun pagi2 di hari minggu, bahkan teman saya ga tidur sama sekali demi untuk tujuan bersama yaitu botanic garden :).
Sebelum ke botanic garden saya diajak teman saya ke daerah Paya Lebar (kata teman saya di daerah Paya Lebar ini markasnya para TKW dan TKI kumpul2 ) buat nemuin temennya yang berprofesi sebagai ‘pahlawan devisa’.. jadi lah saya pertama kalinya berkunjung ke sebuah rumah tinggal di Negara ini. Ternyata rumah2 di sana ga jauh beda dengan yang saya temui di Indonesia.. (keknya rumah emang dimana2 sama aja y bentuknya). Selepas dari sana kami bertiga menuju ke Botanic Garden.. Walaupun temannya teman saya itu berprofesi sebagai pahlawan devisa tapi kemana2 dia selalu mengantar kami naik taxi...padahal saya sudah menyarankan naek MRT saja biar hematt ya maklumlah bagi saya yang pecinta MRT ini harus mikir 2 kali dulu sebelum memutuskan naek taxi (penganut paham saving cost yang ditularkan oleh bos saya he he he).
And here we are in botanic garden, dan ternyataa biasa aja ga seheboh yang ada di websitenya… konsepnya sih garden seperti biasa.. banyak pohon dan padang rumput tempat santae2nya orang2 SG.. Botanic garden terletak di Cluny Road. Kalo mau naek MRT bisa ambil jalur north east line dari harbour front dan turun di dhouby ghaut trus ganti ambil jalur Circle Line dan langsung turun deh di Botanic Garden Station. Jam berkunjungnya mulai dari jam 8 pagi sampai 12 malem and free ticket charge. Tapi kalo mau masuk ke national orchid gardennya harus bayar 5$ untuk adults. Gerbang pintunya keren tapi dalemnya sama sih kek garden2 biasa.. Ada swan Lake yang terkenal buat background wedding party.


Disini juga cocok sekali buat wedding ceremony yang mengambil konsep india2an (banyak pohon yang bisa dijadiin properti buat nari2). Ada juga kolam ikan yang isinya campuran ikan2 dan kura-kura yang ga boleh dikasih makan sembarangan karena ada diet requirementnya (hadeh ikan aja pake diet..)Sebenarnya disini kita bisa latihan berkebun/bercocok tanam karena disediakan trainingnya juga, namun saya tidak sempat ikutan karena hanya ada di hari dan jam2 tertentu saja.
 

Disini untuk pertama kalinya juga saya bertemu dengan komunitas TKW yang bekerja di negri Singa ini. Saya sedikit amazing melihat mereka, semuanya berkostum yang kalo boleh saya bilang agak mengarah ke harajuku style kali ya... Mungkin karena mereka jarang diperboleh kan keluar ya sama bosnya (FYI Pembantu rumah tangga disana dapet Time off 1 hari selama sebulan dari jam 8am - 7 pm). Saya sempat bertanya kepada teman saya yg dulu pernah bergabung dengan komunitas tesebut.. katanya emang kebanyakan gaya berbusana mereka seperti itu kalo keluar entah mereka berkiblat kepada siapa dan sepertinya sudah menjadi trend di kalangan mereka.

Puas berkeliling botanical garden teman saya mengajak mengunjungi chinese garden dan japanese garden yang katanya lebih indah dari botanical garden. Chinese garden terletak di Jurong East, kalo naek MRT bisa langsung turun di station Chinesse garden. Disini juga free charge (cocok sekali bagi yang pengen jalan2 hemat he he). Dan ternyata benar sodara, disini lebih menarik than botanical garden. Dari pintu gerbang terdapat petunjuk jalan ke kanan chinese garden dan ke kiri menuju japannese garden.

Kalo di japannese garden banyak disuguhi bonsai2 dan jembatan putih gede (kek di settingnya white snake legendnya bibi lung dan yoko). Di chinesse garden banyak patung2 filsuf2 cina kek confusius dan semacamnya dan beberapa kuil2 yang tentu saja berwarna merah...Kalo di botanical banyak saya temui para TKW.. di chinesse garden ini telinga saya banyak mendengar tagalog'ers yang tentu saja terdengar roaming di telinga saya.  sekedar tips dari saya.. jangan lupa bawa payung kalo mau nge-garden di SG (panas bengekkk cuacanya..).



Walaupun nge-garden di SG itu cukup menyenangkan.. taman2nya tertata rapi sekali namun terlihat kurang alami menurut saya..saya lebih menyukai Bintan dengan tempat2 alami yang indah tanpa campur tangan manusia, Danau birunya yang amazing yang mungkin kalo ada di Bali bisa dipromosiin gila2an dan jadi aset pariwisata berharga, gunung kapur yang keren abis..Bromo dengan sunrise yang amazing pula, Tangkuban Perahu dengan gunungan belerang dan mata air hangatnya dan masih banyak lagi yang terlihat begitu alami.... yappp itulah Indonesia tercinta kita yang punya banyak tempat keren yg bisa dikunjungi dari Sabang sampae Merauke...
Regards,

CONVERSATION

0 komentar:

Back
to top